Beranda | Artikel
Salah Satu Penyebab Perceraian adalah karena Salah dalam Memilih Istri (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)
Sabtu, 3 Mei 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Kholid Syamhudi

Kajian tema rumah tangga oleh: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.

Ringkasan Kajian Fiqih Keluarga

Salah Satu Penyebab Perceraian adalah karena Salah dalam Memilih Istri

Penyebab perceraian umumnya ada tiga faktor, yang pertama adalah faktor dari sang suami, yang kedua dari faktor istri, dan yang ketiga dari faktor orang ketiga. Faktor yang pertama sudah dijelaskan sekaligus dalam pembahasan yang lalu, dan pada pembahasan saat ini akan dijelaskan mengenai penyebab perceraian dari pihak istri, yaitu kesalahan dalam memilih istri.

Betapa banyak perceraian yang terjadi disebabkan karena seorang suami salah dalam memilih istri. Dan ketika itu akan muncul penyesalan dan ketidaknyamanan di diri seorang suami, yang akhirnya berujung pada perceraian. Terkadang juga ia mendapatkan istri jauh dari apa yang ia harapkan atau jauh dari kata baik dari konsep agama Islam yang mulia ini. Seperti misalnya, seorang suami mendapati istrinya tidak mau berjilbab, tidak mengerjakan kewajiban rumah tangganya, terlalu memprioritaskan perkara dunia, kurang bersyukur kepada suami, dan lain sebagainya. Hal itu terjadi karena kurang baiknya agama dari seorang istri, maka seorang laki-laki hendaknya berhati-hati ketika akan menikah dengan seorang wanita. Utamakanlah untuk memilih wanita yang baik agama dan akhlaknya agar bisa membangun keluarga yang sakinah. Karena salah dalam memilih istri bisa mengantarkan keharmonisan rumah tangga kepada perceraian.

Mengingat pentinganya dalam memilih wanita yang shalihah, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan tips dalam memilih calon istri. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

تُنْكَحُ المَرْأةُ لأَرْبَعِ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وجَمَالِهَا ولِدِيْنِهَا فَاظْفَرْ بِذاتِ الدين تَرِبَتْ يَدَاك

Bagaimana penjelasan lengkap dari permasalahan ini? Silakan download rekaman pengajian keluarga ini, dan simak penjelasan dari Ustadz Kholid Syamhudi, Lc. mengenai hal ini. Simak pula sesi tanya jawab yang sayang jika dilewatkan. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Fiqih Keluarga: Bahaya Perceraian dan Kiat-kiat untuk Menghindarinya – Bagian ke-2

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/6206-salah-satu-penyebab-perceraian-adalah-karena-salah-dalam-memilih-istri-ustadz-kholid-syamhudi-lc/